Beranda | Artikel
Tiga Wasiat Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam
Sabtu, 18 Agustus 2018

Bersama Pemateri :
Syaikh `Abdurrazzaq bin `Abdil Muhsin Al-Badr

Tiga Wasiat Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam dengan pembahasan Kitab Ta’dhim Ash Shalah, sebuah kitab buah karya Syaikh Prof. Dr. ‘Abdurrazzaq bin ‘Abdil Muhsin Al-‘Abbad Al-Badr. Pembahasan ini juga disampaikan oleh: Syaikh Prof. Dr. ‘Abdurrazzaq bin ‘Abdil Muhsin Al-‘Abbad Al-Badr pada 1 Dzul Hijjah 1439 H / 13 Agustus 2018 M.

Status Program Kajian Kitab Ta’dhim Ash Shalah

Status program Kajian Ta’dhim Ash Shalah: telah selesai.

Download juga kajian sebelumnya: Hubungan Shalat dengan Melihat Wajah Allah di Akhirat

Kajian Tentang Tiga Wasiat Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam – Kitab Ta’dhim Ash Shalah

Allah subhanahu wa ta’ala mengkaruniakan kepada Nabi kita Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam sebuah jawami’ul kalim (kata-kata yang ringkas namun mencakup makna yang sangat luas). Maka barangsiapa memperhatikan hadits-hadits dan sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, maka dia akan beruntung di dunia dan di akhirat. Dan pada kajian ini dibahas sebuah wasiat yang ringkas yang disampaikan oleh Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam. Yang mana wasiat ini mencakup segala kebaikan.

Hadits ini diriwayatkan oleh Imam Ahmad, Ibnu Majah, juga diriwayatkan oleh Imam yang lain dari Abu Ayub Al Anshari radhiyallahu ‘anhu, dia berkata:

جَاءَ رَجُلٌ إِلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ عَلِّمْنِي وَأَوْجِزْ قَالَ إِذَا قُمْتَ فِي صَلَاتِكَ فَصَلِّ صَلَاةَ مُوَدِّعٍ وَلَا تَكَلَّمْ بِكَلَامٍ تَعْتَذِرُ مِنْهُ وَأَجْمِعْ الْيَأْسَ عَمَّا فِي أَيْدِي النَّاسِ

“Seorang laki-laki menemui Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam lalu berkata: “Ya Rasulullah. Berilah aku nasehat yang ringkas.” Maka beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Kalau Engkau mengerjakan shalat, maka shalatlah seperti shalatnya orang yang hendak meninggalkan (dunia). Jangan berbicara dengan satu kalimat yang esok hari kamu akan meminta udzur karena ucapan itu. Dan perbanyaklah rasa putus asa terhadap apa yang ditangan orang lain.”

Dalam hadits ini Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam mengumpulkan tiga wasiat yang sangat agung. Tiga wasiat ini mencakup tiga kebaikan. Siapa yang memahami dan mengamalkannya, maka dia akan mendapatkan kebaikan di dunia dan diakhirat. Adapun tiga wasiat itu adalah:

Menjaga Shalat

Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam mengajak orang yang ingin mengerjakan shalat untuk melakukan shalatnya seperti orang yang sebentar lagi hendak meninggal dunia. Orang yang merasa sebentar lagi hendak meninggal dunia, tentu dia akan memperbaiki shalatnya sebaik-baiknya. Ini seperti orang yang ingin berpindah dari satu daerah ke daerah yang lain dan tidak ingin kembali lagi. Oleh karena itu diperintahkan dan dianjurkan bagi orang yang ingin melakukan shalat, hendaklah menghadirkan wasiat ini setiap dia ingin melakukan shalat. Seakan-akan dia tidak akan mengerjakan shalat lagi setelah shalat tersebut.

Seorang yang menghadirkan keadaan seperti ini tentu dia akan berusaha menyempurnakan shalatnya. Dan barang siapa yang memperbaiki shalat, shalat tersebut akan mengajak dia kepada segala kebaikan dan kemuliaan. Shalat juga akan menghalagi dari segala keburukan dan perbuatan-perbuatan dosa. Shalat juga akan memenuhi hatinya dengan keimanan. Jika hal tersebut telah dia lakukan, dia akan merasakan manisnya iman. Shalat akan menjadi penyejuk baginya, serta kebahagiaan dan ketenangan hatinya.

Menjaga Lisan

Lidah adalah anggota badan yang sangat berbahaya. Apabila satu ucapan telah diucapkan, tentu orang yang mengucapkan ucapan tersebut harus bertanggung jawab. Oleh karena Nabi kita Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam berwasiat, “janganlah kalian mengucapkan ucapan yang engkau akan menyesalinya.

Simak Penjelasan Lengkap dan Downlod MP3 Ceramah Agama Tentang Tiga Wasiat Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam – Kitab Ta’dhim Ash Shalah


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/44521-tiga-wasiat-nabi-shallallahu-alaihi-wa-sallam/